[BOOK REVIEW] To All the Boys I’ve Loved Before by Jenny Han

https://i2.wp.com/d.gr-assets.com/books/1372086100l/15749186.jpg

Judul: To All the Boys I’ve Loved Before
Penulis: Jenny Han
Penerbit: Penerbit Spring
Genre: Novel Remaja, romance
Halaman: 382 halaman
Terbit:  April 2015
ISBN: 978-602-715-051-5

Sinopsis 

Lara Jean menyimpan surat-surat cintanya di sebuah kotak topi pemberian ibunya.

Surat-surat itu bukan surat cinta yang ditujukan untuknya, tapi surat yang ia tulis. Ada satu surat untuk setiap cowok yang pernah  ia cintai—totalnya ada lima pucuk surat. Setiap kali menulis, ia mencurahkan semua perasaannya. Ia menulis seolah-olah mereka tidak akan pernah membacanya karena surat itu memang hanya untuk dirinya sendiri.

Sampai suatu hari, semua surat-surat rahasianya itu tanpa sengaja terkirimkan—entah oleh siapa.

Saat itu juga, kehidupan cinta Lara Jean yang awalnya biasa-biasa saja menjadi tak terkendali. Kekacauan itu melibatkan melibatkan semua cowok yang pernah ia tulis di surat cintanya—termasuk cinta pertamanya, pacar kakaknya, dan cowok terkeren di sekolah.

*

Ini buku yang terbit bulan April lalu, tapi tidak ada salahnya, kan, mereview (?) XD

Well, ini adalah review buku pertamaku setelah bertahun-tahun gemar membaca. Mungkin ada beberapa buku yang sudah aku review di Goodreads, tapi aku nggak terlalu aktif di sana :v Hehehe.

Karena aku sangat suka mengomentari sesuatu secara keseluruhan/? Maka review ini akan sedikit panjang. Hehehehe 😀

Di sini, di blog-serba-guna-ku ini, semoga pengunjung merasa nyaman ketika membaca, hehehe ^^

*

Seperti biasa ketika melihat buku, hal pertama yang aku nilai pasti covernya. Novel To All the Boys I’ve Loved Before ini punya cover yang bagus. Modelnya cantik—aku lupa namanya—posisinya itu loh, tiduran, terus lagi nulis. Jelas banget sama ‘inti’ dari cerita ini. Tapi yang bikin aku bingung, itu nulisnya pake tangan kiri, ya? Mungkin dia kidal (?).

Masih tentang cover, untuk penulisan judul aku suka banget. Pake handwriting gitu, tulisannya unyu lagi :3 Bentuknya juga masih keliatan jelas itu ditulis pake spidol. Unik sekali.

Selain cover, yang menarik perhatianku untuk membeli novel ini adalah judulnya. To All the Boys I’ve Loved Before, artinya ‘Untuk Semua Cowok yang Aku Cintai Sebelumnya’, atau singkatnya ‘Untuk Mantan-Mantan Gebetanku’. Hahahaha, mantan gebetan, entah kenapa itu yang bikin aku tertarik. Apa yang terjadi dengan para mantan gebetan itu? Kalo mantan pacar, mungkin ada kenangannya, kalo gebetan?

Dan akhirnya aku membeli buku ini. Selain cover dan judul, tentu saja sinopsisnya juga menarik.

Pengenalan tokoh pertama adalah Lara Jean—sang tokoh utama. Kemudian Margot—kakaknya, Kitty—adiknya, Josh—pacar Margot, dan Mr. Covey, ayahnya. Dari halaman-halaman awal, aku bisa menilai karakter masing-masing tokoh.

Miss Jenny Han menggambarkan Margot yang sebagai anak pertama dengan watak yang keibu-ibuan (didukung karena ibu mereka sudah meninggal), dewasa, lembut, penyayang, dan bertanggung jawab. Lara Jean yang merupakan anak kedua (juga anak tengah) punya watak seperti remaja kebanyakan, suka coba-coba hal baru, masih polos, baik hati, periang. Dan Kitty, si kecil, dia itu lucu. Bisa jadi moodbooster, bisa juga ngeselin, kadang dewasa, dan tentunya masih kekanak-kanakan. Mr. Covey adalah ayah yang super baik, mungkin ayah idaman setiap anak gadis. Dia jadi ayah dan juga berusaha menjadi ibu. Selama baca buku ini pun aku nggak nemu Pak Covey ini marah. Sungguh, ayah idaman.

Cerita bermula ketika surat-surat Lara Jean terkirim secara misterius. Dia menyimpan surat-surat cintanya di kotak topi, tapi kok bisa hilang, ya? Awalnya aku kira surat itu kekirim sama orang asing karena suatu waktu mereka bersih-bersih rumah.

Akhirnya surat-surat itu pun jatuh kepada masing-masing penerima. Salah satunya jatuh kepada Josh, pacar kakaknya. Josh yang bingung ini lantas minta penjelasan sama Lara Jean. Seiring berjalannya waktu, Josh dan Margot putus dengan alasan Margot yang mau kuliah di Skotlandia, dan LDRan itu susah. Setelah putus, Josh malah jadi bimbang sama Lara Jean.

Selanjutnya, surat itu jatuh pada Peter Kavinsky, teman masa kecil Lara Jean. Di sini aku nangkep Peter itu tipe-tipe cowok bad boy, tapi sering bikin baper. Sedangkan status Peter masih berpacaran dengan Genevieve, teman masa kecil Lara Jean juga.

Suatu hari saat Josh tanya sama Lara Jean tentang suratnya, Lara Jean malah bilang dia udah punya pacar. Sebelum pacaran sama Margot, Lara Jean lebih dulu suka sama Josh. Siapa yang nggak kesel ditikung/? Eh bukan ditikung sih, lol. Dan sebenarnya Josh pernah suka sama Lara Jean, tapi dia sudah tidak suka dengan Josh. Kasian ya.

Sebenarnya Lara Jean nggak punya pacar, maklum anak polos gitu. Makanya pas ditanya Josh siapa pacarnya, Lara Jean malah langsung jalan dan ketemu sama Peter. Eh dia langsung nyosor(?) nyium Peter. Tentu aja Peter kaget, tapi dibales juga ciumannya. Hahahaha.

Dan sejak saat itu, hubungan palsu Lara Jean dan Peter Kavinsky berjalan. Juga karena Peter udah putus sama Genevieve, makanya dia bisa ngejalanin hubungan pura-pura itu. Tapi Gen adalah tipe cewek yang egois makanya dia nggak mau tinggal diem sama Lara Jean. Taulah gimana cewek kalo bertarung(?) dalam hal kayak gini. Ngeri, bro.

Hubungan-pura-pura Lara Jean dan Peter nggak berjalan mulus. Mereka harus keliatan sebagai sepasang kekasih pada beberapa kesempatan, dan berlagak biasa aja di depan beberapa orang, keluarganya misalnya. Juga suatu hari waktu seklah mereka ngadain karya wisata sekolah, Peter mencium Lara Jean di sebuah hot tub. Di sana, mereka seakan mengaku bahwa mereka udah sama-sama suka. Berita mereka berhubungan sex pun menyebar seantero sekolah.

Dan aku dibuat bimbang sama Peter. Kalau untuk hubungan pura-pura, dia terlampau sering bikin baper, bahkan saat berdua aja sama Lara Jean. Aku mikirnya, ini Peter naksir nggak sih sama Lara Jean? Soalnya Josh juga bikin bimbang. Dia malah naksir sama Lara Jean lagi. Dasar cowok labil ._.

Tapi Lara Jean nggak mau mengkhianati kakaknya yang masih sayang sama Josh, makanya dia menolak Josh. Dan siapa sangka semakin lama hubungan pura-pura itu berjalan, rasa Lara Jean yang pernah hilang itu datang kembali, tumbuh lagi semakin kuat. Begitu pula dengan Peter yang akhirnya ngaku juga suka sama Lara Jean. Dan akhirnya di akhir halaman, Lara Jean nulis surat buat Peter, surat cinta yang sebenarnya. Bukan surat cinta untuk perpisahan.

Tapi cerita belum selesai sampai di situ. Masih ada squel untuk buku ini. Kita masih belum tahu kelanjutannya. Apakah Lara Jean akan bersama Peter, atau Josh? Apa Peter akan kembali bersama Genevieve, yang (dulu) sudah lama pacarannya dengannya?

Buku kedua dari Miss Jenny Han untuk squel To All the Boys I’ve Loved Before ini berjudul P.S. I Still Love You. Bukunya sudah terbit, dan aku akan me-review-nya besok 😀

Terimakasih yang sudah membaca review amatirku ini :v kalau tidak keberatan, silahkan tinggalkan komentar 🙂 semoga menghibur! ^^

Iklan

One thought on “[BOOK REVIEW] To All the Boys I’ve Loved Before by Jenny Han

  1. Ping-balik: [REVIEW-BOOK] P.S. I Still Love You by Jenny Han | — this is my world —

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s