[BOOK REVIEW] P.S. I Still Love You by Jenny Han

Judul: P.S. I Still Love You
Penulis: Jenny Han
Penerbit: Penerbit Spring
Genre: Young-adult
Halaman: 356 halaman
Terbit: September 2015
ISBN : 978-602-71505-1-5

SINOPSIS

Lara Jean tidak mengira akan benar-benar jatuh cinta pada Peter. Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura. Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi.

Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tibakembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.

*

Hello my lovely readers ❤

Aku kembali menulis review buku. Sebenernya aku udah baca novel ini yang original alias yang asli, alias yang belum diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Tapi kemudian aku menang give away dari Penerbit Spring melalui Twitter, akhirnya dapat juga novel ini yang versi Indonesia. Aku baca juga yang diterbitkan Penerbit Spring, nggak banyak kok bedanya (yaiyalah).

Thank you, Penerbit Spring! Alhamdulillah nambah koleksi 😀

Oke jadi, P.S. I Still Love You ini adalah buku kedua atau squel dari novel To All the Boys I’ve Loved Before, yang sudah aku review di sini. Jujur saja aku suka banget sama dua novel ini! Di Goodreads, dua-duanya aku kasih 5 stars.

Seperti biasa ketika me-review buku, yang pertama aku komentarin adalah cover dan judulnya. Untuk novel P.S. I Still Love You ini penerbit(?) masih setia dengan Mbak Model yang masih cantik saja (masih, emang sekarang enggak? Canda, mbak :D). Dan font judul yang masih dengan handwriting. Bedanya, kalau di To All the Boys I’ve Loved Before waranya pink, P.S. I Still Love You ini hijau.

Di awal bab kita(?) membaca surat dari Lara Jean untuk Peter. Surat yang bener-bener surat cinta, bukan surat cinta untuk perpisahan. Ugh, aku greget bacanya. Akhirnya Lara Jean beneran suka sama Peter. Lantas bagaimana nasib Josh?

Sebelumnya, aku sempat dibuat bimbang sama mereka berdua—Peter dan Josh. Dan kali ini aku lebih dibuat bimbang sama Peter. Karena akhirnya Josh punya pacar baru, dan pergi kuliah di tempat yang jauh. Jadi, Josh-Lara Jean sudah selesai (bukan selesai sebagai teman, ya).

Akhirnya, Lara Jean dan Peter akhirnya resmi pacaran beneran. Tapi hubungan beneran mereka ini nggak berjalan mulus seperti yang mereka duga. Banyak masalah muncul, diantaranya adalah video Lara Jean dan Peter yang sedang berciuman di hot tub tersebar melalui Instagram. Orang-orang mengira mereka sedang melakukan seks, padahal tidak. Dan berbagai lika-liku yang mereka lewati sampai aku mikirnya mereka ini pacaran apa enggak, sih?

Di novel ini, masa lalu Lara Jean, John Ambrose McClaren, muncul dengan membalas surat Lara Jean. Awalnya Lara Jean bingung sama perasaannya. Peter masih berhubungan baik dengan Genevieve, kadang melebihi batas sebagai ‘teman’. Sebagai cewek tentu saja Lara Jean cemburu, tapi dia merasa tidak bisa melakukan apa-apa. Di sisi lain, John semakin baik padanya, semakin membuatnya baper *ea baper*apaan*.

Suatu waktu Lara Jean dan Peter putus. Kemudian Lara Jean sempat merasa ingin bersama John saja, meski hatinya masih pada Peter *eaaa*apaan*. Waktu itu pula Peter terlihat jalan berdua lagi dengan Genevieve.

Lalu apakah Lara Jean akan bersama John Ambrose McClaren, atau kembali bersama Peter? Ending mengatakan akhirnya Lara Jean kembali bersama Peter *yeeeee*mansae!*

Miss Jenny Han menulis kedua novel ini dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti (baik versi asli maupun yang telah diterjemahkan Penerbit Spring). Jadi aku nggak banyak buka kamus 😀

Kalo kamu fan dari To All the Boys I’ve Loved Before, pasti kamu bakal enjoy baca P.S. I Still Love You. Dijamin nggak bakal nyesel bacanya! 😀

Sekian review buku kali ini, see ya on my next review! ^^

Terimakasih sudah membaca. Kalau tidak keberatan, silahkan tinggalkan komentar, ya ^^

One thought on “[BOOK REVIEW] P.S. I Still Love You by Jenny Han

  1. “Sebenernya aku udah baca novel ini yang original alias yang asli”
    Hai aku visit back nih hehe XD. Aku tahu kamu nggak baca yang terjemahan tapi baca yang asli –“

Tinggalkan Balasan

