[DRAMA REVIEW] Descendants of the Sun

https://i1.wp.com/0.soompi.io/wp-content/uploads/2016/02/17154750/descendants-of-the-sun2.jpg

Judul: Descendants of the Sun
Romanization: Taeyangui Hooye
Hangul: 태양의 후예
Director: Lee Eung-Bok
Penulis: Kim Eun-Sook, Kim Won-Suk
TV: KBS2
Episodes: 16
Tanggal Rilis: February 24 – April 14, 2016
Runtime: Rabu dan Kamis pukul 22:00
Negara: South Korea
Bahasa: Korea

Halo! Ketemu lagi dengan saya, reviewer yang masih tetap berusaha untuk aktif me-review xD

Kali ini aku menulis sebuah review dari drama yang sedang booming, Descendants of the Sun.  Sebenarnya aku sudah selesai nonton sejak sehari setelah episode drama ini tayang, tapi baru kali ini ada niat mau nge-review. Padahal udah greget banget mau cuap-cuap tentang Kapten Yoo. Rasanya aku pengen membahas apa saja yang berhubungan dengan drama ini.

Hehehe. Oke langsung saja, selamat membaca! ^^

Awalnya, aku cuma ikut-ikutan aja nonton drama ini. Sebelum tau kalo drama ini super keren dan taunya drama tentang tentara dan perang-perang gitu, asli aku ga ada niat mau nonton. Aku rada nggak suka drama dengan genre action. Tapi karena Descendants of the Sun sedang sangat booming sekali, akhirny kuputuskan nonton saja. Biar kekinian (?) Hahaha.

Dan benar saja, aku langsung suka dengan adegan pembukaannya (?) yang menampilkan galaksi penuh bintang, yang seakan-akan diambil shot dari lubang sebuah helm. Scene ini benar-benar unik.

capture-20160429-222713-vert

Kemudian cerita berlanjut ke adegan action. Di sini, aku menikmati gimana gantengnya Song Joong Ki yang sedang berlaga. Hahaha.

Diceritakan bahwa Yoo Si Jin adalah seorang kapten militer Korea Selatan. Bersama wakilnya Seo Dae Young, mereka banyak mendapat tugas penting dan rahasia.

https://i2.wp.com/i1058.photobucket.com/albums/t413/javabeansdb/drama/2016/descended/descended1-00175.jpg

Suatu hari karena ‘kecelakaan’, Si Jin dan Dae Young datang ke Rumah Sakit Haesung. Di sana, mereka bertemu dengan seorang dokter bernama Kang Mo Yeon. Mereka bertiga sempat terlibat konflik kecil, terutama Si Jin dan Mo Yeon. Inilah awal pertemuan mereka.

https://hyeeunkim.files.wordpress.com/2016/04/9720e-song2bhye2bkyu.png?w=527&h=655

Si Jin jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Mo Yeon. Menurut Si Jin, Mo Yeon itu menarik dan cantik. Namun Mo Yeon yang tidak percaya pada Si Jin, sedikit tidak menggubris pemuda itu. Mo Yeon terus menghindar bahkan akan melaporkan Si Jin ke polisi karena terus menganggunya.

Masih membahas episode 1, tidak hanya pertemuan Si Jin dan Mo Yeon. Kisah Da Young dan seorang dokter tentara bernama Yoon Myeong Ju pun juga dimulai. Myeong Jud an Dae Young pernah menjalin hubungan asmara yang begitu manis, namun karena sesuatu, mereka terpaksa berpisah. Di episode awal ini, tentu masih membingungkan bagaimana mereka sebenarnya. Daripada spoiler, lebih baik tonton sendiri ya yang belum nonton xD

Oh ya, episode 1 ini menampilkan Lee Kwang Soo sebagai cameo, loh. Aku sempet ketawa sebentar waktu liat dia, hahaha.

65247-340955-364fb0f754895e76f8b0c8c12283e480.jpg

Descendants of the Sun menyuguhkan cerita dengan beberapa aliran (?) mulai dari action, romansa, sampai humor, semuanya begitu teracik dengan apik. Aku yang tidak suka drama action saja malah sangat menikmati setiap adegan action yang diperankan oleh Song Joong Ki, dkk.

Gimana enggak, karena selain aktornya ganteng-ganteng, akting mereka benar-benar totalitas! Seperti setiap adegan benar-benar direncanakan dan dilatih dengan sangat baik. Memang, semua drama dan film memang seperti itu. Tapi aku merasakan ada yang berbeda dari Descendants of the Sun ini. Mulai dari ekspresi, dialog, intonasi, gerakan, dan sebagainya. Ah… sungguh-sungguh totalitas.

Descendants of the Sun-1-vert

Tak cuma para tentara saja yang beraksi, pasukan dokter pun juga punya aksi yang oke. Sama seperti drama medis yang pernah aku lihat, Descendants of the Sun juga menampilkan para dokter yang sedang operasi atau ribet di ruang UGD. Tapi tampilan operasinya tidak sedetail sampai terlihat organ tubuhnya seperti Good Doctor atau Doctor Stranger. Karena ya mungkin memang drama ini tidak menonjolkan sisi medisnya.

Menurut kebanyakan orang, kisah romansa keempat tokoh utamanya adalah pokok utama pada drama ini. Ya, memang, baik Yoo Si Jin dan Kang Mo Yeon maupun Seo Dae Young dan Yoon Myeong Ju, kedua pasangan tersebut unik dengan caranya sendiri yang sukses menyedot perhatian penuh penonton.

Seperti kebanyakan drama atau film, pertemuan kedua orang yang akhirnya akan menjalin kasih selalu terjadi tanpa sengaja. Begitu pun Si Jin dan Mo Yeon yang bertemu di rumah sakit. Memang awalnya Mo Yeon sempat mengelak, namun tak lama kemudian, ia bisa menerima kehadiran Si Jin.

Menurutku, penulis naskah membuat drama ini berbeda dari segi bagaimana kisah setelah kedua tokoh utama bertemu. Kisah cinta Si Jin dan Mo Yeon tidak berjalan lambat seperti sering tidak sangaja bertemu, sering bersama, lalu saling suka namun tidak mau mengakui perasaan masing-masing. Di sini, kisah asmara mereka tidak sepasaran itu. Mereka seperti sudah merencanakan dan setuju untuk terus berhubungan hingga akhirnya saling jatuh cinta.

Pun dengan Seo Dae Young dan Yoon Myeong Ju, kisah mereka juga tidak pasaran. Mereka juga romantis dengan caranya sendiri. Si Jin dan Mo Yeon romantis dan lucu karena di sini Si Jin diperankan sebagai kapten yang penuh humor namun tetap serius jika waktunya, sama dengan Mo Yeon. Sedangkan Seo Dae Young adalah pria yang terlihat kaku. Dalam keadaan apa pun, karakternya didominasi kaku yang asli, aktingnya bagus banget. Yoon Myeong Ju bukanlah seroang wanita penuh senyum tawa seperti Mo Yeon. Pantaslah karena ia adalah dokter yang bekerja di dunia militer. Oke jadi sudah bisa membedakan ya bagaimana Si Jin – Mo Yeon dan Dae Young – Myeong Ju.

MilitaryCouple03-vert

Kemudian latar. Ah, latar Descendants of the Sun selalu menjadi topik yang asik untuk diperbincangkan. Selain di Korea Selatan, drama ini mengambil setting di Zakynthos shipwreck, Yunani. Descendants of the Sun menciptakan latarnya sendiri. Percaya tidak percaya, drama ini membuat Korea Selatan menjadi terlihat seperti negara lain.

Sebelum ada drama ini, siapa yang tahu kalau di Gangwon-do ada tambang batu bara yang sudah tidak dipakai? Tim telah membuat Gangwon-do (tepatnya di Taekbaek Hanbo Coal Mine) menjadi seolah-olah tempat perbatasan di Timur Tengah.


(Zakynthos shipwreck, Yunani)


(Taekbaek Hanbo Coal Mine, Gangwon-do)

Menurut beberapa sumber (aku lupa baca di mana aja karena udah lama bacanya), Descendants of the Sun memakan waktu sekitar satu bulan untuk syuting di Taebaek. Para pemain dan kru mengaku merasakan banyak kesulitan ketika tampil di Yunani. Dari perbedaan cuaca dan iklim, sulitnya beradaptasi dengan dunia Timur Tengah, dan lain-lain. Maklum, ya, di Korea kan dominan dingin, pantes aja kalo mereka agak susah adaptasi dengan panasnya Yunani.

Ngomong-ngomong menurut sumber, drama ini menghabiskan biaya produksi yang tidak sedikit, lho. Lihat saja dari  ceritanya yang mengangkat militer. Produser harus melewati susahnya meminta izin Militer Korea Selatan agar diizinkan meminjam peralatan militernya. Mulai dari pesawat, helikopter, pistol, mobil, kostum, kantor militernya, dan lain-lain. Lalu dari latar sendiri sudah pasti memakan biaya yang mahal. Para pemain dan kru harus tinggal  selama beberapa waktu di negara orang.

Sepertinya aku tidak perlu membahas tentang aking pemain, perwatakan, alur, dan ide cerita. Karena sudah kukatakan tadi bahwa drama ini benar-benar totalitas dari segala segi. Alur? Tertata dengan rapi dan mudah untuk diikuti. Akting? Para pemainnya tentu tidak usah diragukan lagi. Ide cerita? Luar biasa dan tidak ada kekurangan yang bisa kukatakan.

Sungguh, aku akan mengatakan totalitas untuk yang entah keberapa.

Oh ya, aku pernah baca artikel di internet (lupa) yang bilang bahawa Descendants of the Sun ini sebenarnya tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang sudah selesai tayang. Awalnya, ceritanya lebih sederhana dari drama yang sudah jadi itu. Bahkan tidak ada unsur militernya dan tokoh ceria Yoo Si Jin.  Bahkan, Song joong Ki tidak ada dalam daftar aktor yang cocok untuk drama ini. Sampai ketika Joong Ki keluar dari wajib militernya, ia ditawari main drama ini dan langsung setuju.

Awalnya Descendants of the Sun hanya akan menceritakan tentang seorang dokter yang bertugas  di daerah luar. Tapi kemudian kedua penulis naskahnya mengubah jalan cerita hingga jadilah drama luar biasa dengan rating fantastis.

Bahkan produsernya tidak menyangka  Descendants of the Sun mendapat rating 31% di episode 1. Bahkan, produsernya jadi semacam takut karena rating yang terus melonjak. Ini juga menjadi sejarah baru drama korea dengan rating luar biasa seperti itu sejak sejarah drama korea.

Pantaslah. Usaha keras akan berbuah manis. Descendants of the Sun sudah syuting satu tahun sebelum dramanya mulai tayang. Bahkan pengerjaan ini-itunya memakan waktu hampir lima tahun sebelumnya! Berarti sedang jamannya Love Rain, ya. Hahaha.

Sepertinya Descendants of the Sun akan menjadi my best Korean Drama of 2016. Saking bagusnya, saking kerennya, aku sampe ga tau harus nulis review kayak gimana, makanya telat begini, wkwkwk.

Oke mungkin segini saja review-ku kali ini. Yakinlah, dari segi apa pun, drama ini benar-benar recomended! Di sekolahku aja dari yang emang demam kpop dan drakor sampe yang pernah bilang anti-korea aja nonton :v

Terimakasih sudah membaca, jangan lupa komentarnya ya 😀

https://hyeeunkim.files.wordpress.com/2016/04/df048-dotsbtsfeat-690x400.jpg?w=440

https://hyeeunkim.files.wordpress.com/2016/04/1973e-descendantsofthesunkonferensipers14.jpg?w=440

xoxo,

aizakuri

Sumber terkait: travel.detik.com, idntimes

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s