[FILM REVIEW] Rudy Habibie (2016)

https://i1.wp.com/movie.co.id/wp-content/uploads/2015/10/Poster-film-Rudy-Habibie.jpg

Judul: Rudy Habibie (Habibie & Ainun 2)
Sutradara: Hanung Bramantyo
Genre: Drama
Produser: Manoj Punjabi
Penulis Naskah: Ginanti S. Noer
Tanggal Rilis: 30 Juni 2016 (Indonesia)
Ruman Produksi: MD Pictures
My rating: 4/5 stars

CAST

  • Reza Rahadian sebagai Bacharuddin Jusuf  Habibie (Rudy Habibie)
  • Chelsea Islan sebagai Illona Ianovska
  • Indah Permatasari sebagai Ayu
  • Ernest Prakasa sebagai Liem Keng Kie
  • Pandji Pragiwaksono sebagai Peter Manumasa
  • Boris Bokir sebagai Poltak Hasibuan
  • Verdi Solaiman sebagai Romo Mangun
  • Millane Fernandez sebagai Sofia
  • Donny Damara sebagai Alwi Abdul Jalil Habibie (Papi Rudy)
  • Dian Nitami sebagai R.a. Tuti Marini Puspowardojo (Mami Rudy)
  • Bastian Bintang Simbolon sebagai Rudy Habibie Kecil
  • Julia Alexandra sebagai Mira
REVIEW

Hello everybody!

First, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H bagi yang merayakan. Minal aidzin wal faizin, maafin ya kalo aku ada salah sama kalian-kalian. Maafin kalo review dan post-ku sering gaje xD Hehehe.

Seperti tahun-tahun yang lalu, lebaran tahun ini juga macet parah. Apalagi aku yang tinggal di daerah jalan arus mudik. Jalan raya dekat rumahku tidak pernah sepi kendaraan, bahkan macetnya sampai berkilo-kilo. Asli, jadi males keluar-keluar. Males jalan-jalan padahal pengen. Udah panas, banyak polusi pula—polusi udara juga polusi suara. Bising sekali.

Tapi kemacetan itu akhirnya kalah dengan nafsuku(?) untuk jalan-jalan. Karena bosan di rumah, aku pergi nonton dengan keluargaku (aslinya sih mumpung gratisan hehehe). Saat ini, banyak film yang bagus dan aku sangat antusias untuk nonton. Diantaranya ada Sabtu Bersama Bapak, Winter in Tokyo, I Love You From 38.000 Feet, Koala Kumal, Finding Dory, dan yang lainnya. Asli, aku pengen nonton semuanya >< Tapi karena hari ini aku nontonnya bareng keluarga, jadilah aku nonton Rudy Habibie.

Oke, happy reading!

Rudy Habibie merupakan sekuel dari film pertamanya, Habibie & Ainun yang tayang pada tahun 2012. Di film kedua ini, Reza Rahadian kembali menjadi pemeran utamanya, Bacharuddin Jusuf  Habibie atau yang biasa disapa Rudy Habibie.

Tapi Rudy Habibie justru bercerita di masa sebelum ada Ainun. Jadi seakan beberapa tahun sebelum kisah Habibie & Ainun ada. Film ini bercerita tentang perjuangan Habibie selama kuliah di Jerman.

Dikisahkan seorang mahasiswa jenius asal Indonesia bernama Rudy Habibie yang kuliah di Universitas RWTH di Aachen, Jerman. Meski masih mahasiswa semester awal, Rudy yang sangat jenius bisa langsung loncat dan ikut ujian (loncat tiga semester atau apa, dan ujian untuk apa aku nggak begitu paham—karena aku belum kuliah, oke).

https://pbs.twimg.com/media/CZ4dT3AWkAANFVO.jpg:small

 Karena kejeniusannya itu, banyak senior yang sirik dengan Rudy. Mereka adalah Panca dan teman-temannya, mantan pejuang tanah air yang bisa kuliah di Jerman dengan beasiswa dari pemerintah. Karena Rudy adalah pemuda yang sangat percaya diri, makanya dia tidak takut dengan gertakan senior.

Kalau Habibie & Ainun penuh dengan nuasa romantis, maka Rudy Habibie lebih memperlihatkan betapa kerasnya perjuangan seorang Habibie. Malahan, kedua film itu tidak ada sambungannya. Yah, emang di film Habibie & Ainun seakan sudah selesai dengan berakhirnya Bu Ainun yang wafat T_T

Oke sori banget buat yang belum nonton Habibie & Ainun.

Sejak kecil, Rudy bercita-cita akan membuat pesawat terbang. Namun ketika beranjak dewasa, Rudy lebih memilih untuk membuat rencana pembangunan industri dirgantara di Indonesia. Namun menurut teman-temannya sesama mahasiwa Indonesia yang kuliah di Eropa, rencana Rudy itu terlalu berat. Rata-rata mereka hanya kuliah di Eropa untuk bersenang-senang. Sedangkan Rudy benar-benar belajar.

Di Jerman, Rudy belajar banyak hal terutama persahabatan. Rudy mendapat sahabat-sahabat yang baik. Diantaranya: Liem Keng Ki—seseoarang keturunan Tionghoa, Ayu—adik dari putri keraton Solo, Peter—seorang senior yang bijaksana, dan Poltak—mahasiswa asal Batak yang lucu.

Film ini juga diwarnai dengan kisah cinta antara Rudy dengan gadis berdarah Polandia-Jerman bernama Illona. Diantara semua sahabat baiknya, hanya Illona yang sungguh percaya dengan mimpi Rudy. Illona menyukai segala hal tentang Indonesia dan tentu saja di sangat mencintai Rudy. Kisah cinta mereka di sini cukup dramatis. Karena seperti yang kita semua tahu, Habibie akhirnya menikah dengan Ainun. Maka hubungan Rudy dan Illona akhirnya kandas karena berbagai faktor. Di film ini, ceritanya Illona adalah cinta pertama Rudy.

https://hyeeunkim.files.wordpress.com/2016/07/f274a-review2bfilm2b2brudy2bhabibie2b252842529.jpg?w=440

Aku suka sekali aktingnya Reza Rahadian. Dari film pertama, Habibie & Ainun, Reza sangat mendalami karakter Habibie, terutama cara bicaranya. Aku tahu sangat tidak mudah berperan menjadi orang lain apalagi kalau harus mencontoh idioleknya. Begitu juga dengan akting Chelsea Islan sebagai Illona.  Aksen Polandianya bagus sekali. Rambut Chelsea sedikit di-curly dan dicat merah marun. Karena wajah Chelsea yang sudah kebarat-baratan gitu, dia jadi tambah cantik pas meranin Illona.

Oh ya, bahasa Jerman Reza dan yang lainnya di film ini juga bagus. Berhubung di sekolahku ada mata pelajaran Bahasa Jerman dan pernah kedatangan bule dari Jerman, aku jadi tahu sedikit-sedikit bahasa Jerman yang ada di film ini, hehehe. Terutama waktu Chelsea ngomong Indonesia pakai aksen Polandia, lucu banget :3

Ini adalah sosok Illona yang asli (kiri).

https://i0.wp.com/www.youthmanual.com/assets/file_uploaded/editor/1467255609-ilona.jpg
(Credit to youthmanual[dot]com)

Selain nuansa perjuangan hidup, film ini juga diselingi dengan komedi. Ada dua komika yang kutahu yang membintangi film ini, yaitu Ernest Prakasa dan Boris Bokir. Pertama kali aku lihat akting Ernest itu di film Ngenest (2015). Kurasa di film Rudy Habibie ini kemampuan aktingnya tambah bagus. Alhamdulillah, ya. Yah, tentu saja di film ini dia berakting ‘serius’, lain di  film Ngenest yang memang merupakan film komedi.

Alur yang ada di film ini juga bagus. Penonton dihadapkan dengan suasana haru, tiba-tiba sedih, tiba-tiba bahagia, kemudian jatuh lagi. Seperti itu, rasanya emosiku seperti diaduk, wkwkwk. Oh, terutama emosinya. Dapet banget. Jalan cerita yang sudah bagus didukung dengan akting pemain yang begitu mendalami. Jadi nggak sekedar sedih-sedihan doang, atau ketawa-tawa doang.

Ngomong-ngomong, aku suka sama satu soundtrack-nya yang dinyanyiin Chakra Khan, judulnya Mencari Cinta Sejati. Liriknya bikin baper, wkwkwkwk. Silakan unduh lagunya di Google ^^

 Jujur saja, aku nggak bisa nge-review yang lain selain yang di atas. Kebanyakan, film ini membahas tentang politik. Dan aku nggak ngerti politik. Aku hanya remaja tujuh belas tahun yang hobi nonton film lalu menulis review-nya u_u

Film Habibie & Ainun sebelumnya sangat sukses mengalahkan 5cm yang hits di kalangan anak muda. Untuk film keduanya ini, diharapkan akan menuai kesuksesan yang sama atau bahkan lebih. Dikutip dari sebuah sumber (aku lupa karena bacanya udah kemarin lusa), Rudy Habibie sudah merauk 900 lebih penonton sejak 10 hari tanggal rilisnya. Dan dikutip dari movie.co.id, jumlah penontonnya sampai hari ini aku baca tanggal 9 Juli 2016 adalah sebanyak 688.000 orang. Wah, kalau begini sih nggak diragukan lagi suksesnya :3

Anw, Rudy Habibie tak kalah bagus dari Habibie & Ainun. Keduanya punya sisi yang ditonjolkan. Film pertama dengan nuansa romansanya, dan film kedua dengan kisah perjuangan seorang mahasiswa yang mengadu nasib di negeri orang demi tanah air tercinta. Aku suka dua-duanya. Sama-sama bagus!

Okay singkatnya itu yang bisa kusampaikan setelah nonton film ini. Sepertinya review ini tergolong pendek dari pada review-ku yang lain, hahaha. I have nothing to say but pokoknya, film ini bagus! 😀

Oh ya ngomong-ngomong, di awal aku nonton film ini, ada bocoran Habibie & Ainun 3 akan dibuat filmnya. Wah, jadi nggak sabar menanti. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Aku selalu suka orang seperti Pak Habibie, yang pintar dan jujur, tapi tidak melupakan negara. Semoga di Indonesia semakin banyak orang-orang luar biasa seperti beliau 🙂

Terimakasih sudah membaca, jangan lupa tinggalkan komentar, ya. Sampai bertemu di review-ku selanjutnya! ^^

https://i1.wp.com/cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/1208408/big/495b3d59abe80eb9449e0f537e9107c7e3.jpeg
(Photo credit as tagged)

Ngomong-ngomong, kalian harus baca artikel bagus ini tentang fakta unik di balik film Rudy Habibie. Baca selengkapnya di sini.

xoxo,
aizakuri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s