[DRAMA REVIEW] GOBLIN (The Lonely and Great God)

https://i1.wp.com/i1.hdslb.com/bfs/archive/a8ce4546716c34d6e9bc3ac4a578183c525037d1.jpg

Title: Goblin / Goblin: The Lonely and Great God / Guardian: The Lonely and Great God
Revised romanization: Sseulsseulhago Chalranhashin-Dokkaebi
Hangul: 쓸쓸하고 찬란하神-도깨비
Director: Lee Eung-Bok
Writer: Kim Eun-Sook
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: December 2, 2016 – January 21, 2017
Runtime: Fri & Sat 20:00
Language: Korean
Country: South Korea

CAST

Goblin (Korean Drama)-Gong Yoo.jpg Goblin (Korean Drama)-Kim Go-Eun.jpg Goblin (Korean Drama)-Lee Dong-Wook.jpg Goblin (Korean Drama)-Yoo In-Na.jpg Goblin (Korean Drama)-Yook Sung-Jae.jpg
Gong Yoo Kim Go-Eun Lee Dong-Wook Yoo In-Na Yook Sung-Jae
Kim Shin Ji Eun-Tak Grim Reaper Sunny Yoo Duk-Hwa
Goblin (Korean Drama)-Lee El.jpg Goblin-Jo Woo-Jin.jpg Kim Sung-Kyum Goblin-Park Hee-Von2.jpg Goblin-Hwang Suk-Jung.jpg
Lee El Jo Woo-Jin Kim Sung-Kyum Park Hee-Von Hwang Suk-Jung
Birth Grandmother Secretary Kim Duk-Hwa’s grandfather Eun-Tak’s mother fortune-teller / ghost
Goblin-Yum Hye-Ran.jpg Goblin-Choi Ri.jpg Goblin-Jung Young-Ki.jpg Choi Woong Kim Ki-Doo
Yum Hye-Ran Choi Ri Jung Young-Ki Choi Woong Kim Ki-Doo
Eun-Tak’s aunt Kyung-Mi Eun-Tak’s cousin Grim Reaper Grim Reaper
Yoon Da-Young Goblin-Jo Hyun-Sik.jpg Park Kyung-Hye Goblin-Kim Min-Young.jpg Goblin-Ko Bo-Gyeol.jpg
Yoon Da-Young Jo Hyun-Sik Park Kyung-Hye Kim Min-Young Ko Bo-Gyeol
Grim Reaper Grim Reaper ghost Soo-Jin class president
Goblin-Nam Da-Reum.jpg Goblin-Lee Seul-Bi.jpg Goblin (Korean Drama)-An Ji-Hyun.jpg Yoon Kyung-Ho Han Seo-Jin
Nam Da-Reum Lee Seul-Bi An Ji-Hyun Yoon Kyung-Ho Han Seo-Jin
boy beaten by stepdad vain cafe woman Ko Hyun-Jung (ghost at library) Kim Woo-Sik Ji Eun-Tak (young)
Jung Ji-Hoon Jung Ji-Hoon Kim Min-Jae Kim So-Hyun Goblin (Korean Drama)-Kim Byung-Chul.jpg
Jung Ji-Hoon Jung Ji-Hoon Kim Min-Jae Kim So-Hyun Kim Byung-Chul
Yoo Duk-Hwa (young) Kim Shin’s servant King Queen Park Joong-Hun
Goblin-Jung Hae-In.jpg
Jung Hae-In
Tae-Hee (ep.7-8)

Additional Cast Members:

REVIEW

Haloooo, selamat datang di blog-ku! Setelah cukup lama vakum nge-review, akhirnya aku sempatkan lagi untuk menulis setelah kenyang dengan try out dan berbagai macam latihan ujian. Itulah derita anak kelas 12 T_T

Hm, jadi aku nonton Goblin ini agak telat karena tadi aku sudah bilang bahwa aku sibuk. Awalnya aku nonton beberapa teaser-nya dulu di Asianwiki. Saat itu aku mikir kenapa ini nggak jelas banget….

Sumpah aku langsung tutup begitu aku nonton 3 teaser. Eh atau trailer ya namanya? Oke sama aja deh kayaknya.

Namun kemudian Goblin menjadi booming begitu aja, ditambah beberapa artis Korea yang unggah foto ketusuk pedang ala Goblin. Temen-temenku juga pada bilang drama ini bagus. Akhirnya yasudahlah aku nonton aja karena penasaran.

https://www.kdrama.blog/wp-content/uploads/2017/01/goblin-episode-14-still.jpg

Seperti biasa, di episode pertama, drama ini belum begitu menarik karena emang aku tertarik nonton berdasarkan saran banyak orang (bukan kemauan sendiri). Yang bikin kesel lagi, ada adegan perang di era Goryeo. Aduh, aku paling nggak suka drama/film yang begini.

Tapi aku nonton aja sih, wkwkwk.

Dikisahkan seorang panglima kerajaan bernama Kim Shin, yang baru saja pulang membawa kemenangan setelah berperang di perbatasan. Ia dan pasukannya disambut hangat oleh rakyat Goryeo. Namun berbeda nasib ketika ia sampai di depan istana.

https://i2.wp.com/m.cdn.blog.hu/ko/koreaifilmdrama/image/goblin1.jpg

Wang Yeo, sang raja, justru memerintahkan agar Kim Shin dibunuh karena telah melakukan pengkhianatan. Di sisi lain, kalau Kim Shin menolak, maka keluarga dan kerabatnya akan dibunuh. Namun Kim Shin tetap gentar, ia tetap memaksa untuk menghadap raja dan akhirnya terbunuhlah seluruh keluarga dan kerabatnya, tepat di depan matanya.

Ah, di sini ada Kim So Hyun. Aku agak nggak ngenalin dia karena dia cantik banget asli -_-

https://i2.wp.com/www.allkpop.com/upload/2016/12/af_org/kim-so-hyun_1482413628_af_org.jpg

Namun apalah daya semua orang yang bukan keluarga kerajaan, karena semua perkataan raja pasti akan dipatuhi. Dan langsung saja, Kim Shin ditusuk pedang. Eh, ini bukan spoiler, ya. Baca dulu sampai akhir, oke? ^^

Nah, dari awal tertusuknya Kim Shin ini cerita dimulai. Karena pengkhianatan yang ia lakukan, ia dikutuk menjadi seorang(?) goblin yang akan terus hidup dan menyaksikan kematian semua orang yang disayanginya. Satu pun kematian tidak akan bisa ia lupakan. Ngeri ya.

Sampai 900 tahun kemudian ketika Korea sudah modern, seorang wanita yang sedang hamil sengaja ditabrak mobil ketika ia berjalan di tengah salju. Kim Shin yang bisa mendengar berbagai macam suara akhirnya menolong wanita itu dan bayinya.

Bayi yang lahir kemudian bernama Ji Eun Tak. Dialah yang kemudian ditunjuk sebagai pengantin goblin. Apa itu pengantin goblin? Ialah seseorang yang bisa mencabut pedang di dada goblin, Kim Shin. Yup, hanya pengantin goblin seorang. Ini antara sweet apa creepy (?)

https://i2.wp.com/www.dramabeans.com/wp-content/uploads/2016/12/goblin02-00064.jpg

Seiring bertambahnya usia, Eun Tak semakin dewasa dan bertemulah ia dengan Kim Shin. Dari pandangan pertama, sepertinya mereka sudah menyadari adanya chemistry. Atau ini emang dibuat dramatis. Atau aku yang terlalu baper.

Di sisi lain, ada seorang(?) malaikat maut tanpa nama yang berkeliaran di bumi tanpa ingatan. Mulanya ia bahagia-bahagia saja di dunia bertugas mencabut nyawa manusia. Sampai akhirnya ia bertemu dengan seorang gadis bernama Sunny, gadis yang selalu membuatnya menangis tanpa sebab ketika mereka bertemu.

https://i1.wp.com/couch-kimchi.com/wp-content/uploads/2016/12/2-690x400.jpg

Lalu apakah Eun Tak memang benar pengantin goblin untuk Kim Shin? Karena kenyataannya, tak semudah itu untuk mencabut pedang yang sudah 900 tahun menancap dan menyiksa Kim Shin. Dan mengapa sang malaikat maut selalu menangis sendu ketika melihat Sunny? Siapakah Sunny sebenarnya? Dan siapakah gadis yang diperankah oleh Kim So Hyun? Mengapa ia begitu berarti untuk Kim Shin sampai lelaki itu menyimpan lukisannya selama 900 tahun?

Konon, manusia yang meninggal karena melakukan dosa besar akan bereinkarnasi menjadi malaikat maut. Lantas dosa besar apa yang telah Si Malaikat Maut Tanpa Nama lakukan? Dan inginkah ia mendapat kembali ingatannya?

Sampai 3 episode aku nonton, aku baru bener-bener tertarik sama drama ini. Ada banyak faktor mengapa drama ini recommended. Pertama, ide ceritanya unik mengangkat kisah goblin. Kedua, alurnya tidak mudah ditebak. Selalu saja aku salah tebak, dan semua yang terjadi berikutnya dan berikutnya selalu memberikan kejutan yang bikin menganga.

Ketiga, editan untuk efek fantasi drama ini keren! Di awal-awal episode saat menayangkan badai laut yang dasyat, bener-bener keren! Berasa nonton film Disney :3 Efek 3D-nya itu loh, gemesin (?)

Hasil gambar untuk goblin drama storm wave

Terus alurnya gregettttttt banget. Kisah cinta antara Kim Shin dan Ji Eun Tak itu bikin gemes. Realitanya, Gong Yoo emang jauh lebih tua dari Kim Go Eun. Di drama ini juga ceritanya kan Kim Shin udah hidup 900 tahun sedangkan Ji Eun Tak hanyalah remaja SMA. Kebayangkan gimana age gap mereka. Kelihatannya malah jadi kayak sama om-om 😦

Tapi seiring berjalannya waktu ya Ji Eun Tak semakin dewasa, jadi cocok-cocok aja sih. Duh, Gong Yoo juga mukanya udah tua ya gimana emang om-om 😦 tapi gapapa, tetap tampan dan berani kok :3

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/7e/2c/83/7e2c83d029d23696b1018034de5f453f.jpg

Terus, Si Malaikat Maut Tanpa Nama ini melas banget hidupnya. Sumpah, kisahnya kasihan banget. Udah kehilangan ingatan, punya dosa besar, suka nangis tanpa sebab pula. Yawla Lee Dong Wook terlalu melas meranin Malaikat Maut yang matanya sayu. Kasian sekali.

https://0.soompi.io/wp-content/uploads/2017/01/06002945/lee-dong-wook-goblin-grim-reaper.jpg

Hmmm, apalagi ya yang bisa aku ungkapin tentang drama ini. Rasanya pas nonton itu kayak banyak banget yang mau ak review, tapi giliran udah sampe sini lupa semua -_-

Oh iya, aktingnya Kim Go Eun nggak banyak berubah sih sejak pertama aku nonton dia di Chesee in the Trap. Masih memerankan gadis melas (?). Kalo Gong Yoo, aku baru pertama nonton dia di sini jadi bagus-bagus aja aktingnya. Tenang, dewasa, perhatian, bijaksana. Semacam itu.

Gong Yoo ada di Coffee Prince dan Train to Busan, tapi aku nggak nonton karena takut nonton sendirian (untuk Train to Busan) -_-

Di sini juga ada Yook Sungjae sebagai Yoo Deok Hwa. Ah, aku selalu suka dia di mana aja :3 Walaupun Yoo Deok Hwa ini semacam pemeran pembantu (bukan utama), tapi dia juga memegang peran penting. Di suatu episode, dia akan mengagetkan pemirsa. Trust me!

https://hype.my/wp-content/uploads/2016/12/Sungjae-Goblin.jpg

Ada juga Lee El yang berperan sebagai seseorang yang… ah kalo aku kasih tahu nanti spoiler. Pokoknya dia perannya penting banget dengan pakaian serba merah dan bibir yang merah merona menggoda :3

https://i1.wp.com/images.kpopstarz.com/data/thumbs/full/499756/600/0/0/0/lee-el-as-the-goddess-of-birth-in-the-guardian-goblin-drama.jpg

Hmm, mungkin itu aja yang bisa aku sampein tentang drama ini. kurang lebihnya mungkin bisa kalian tonton sendiri. Serius, nggak bakal nyesel!

Banyak amanat yag bisa kita ambil dari drama ini. diantaranya adalah kita harus menghargai hidup kita kapan pun, kita juga harus berlaku baik di dunia ini. Aku pribadi nggak percaya reinkarnasi, tapi tetap saja kita harus menjadi pribadi yang baik agar tidak menyesal di kemudian hari. Kepercayaanku adalah, kita hanya hidup sekali di dunia ini. Dan kita harus menabung dengan baik agar bisa masuk surga nanti 🙂

Aku kasih 4/5 bintang untuk Goblin. Trust me, it’s recommended!

Thank you for reading my review. Hope you like it! ^^

https://i1.wp.com/kfanatics.com/wp-content/uploads/2017/01/Goblin-Korean-Drama-Series-e1485064484864.png

https://i0.wp.com/www.lensaremaja.com/bintang/wp-content/uploads/2016/12/Goblin-tvN.jpg

https://i0.wp.com/indowarta.com/hiburan/wp-content/uploads/2017/01/Drama-Goblin.jpg

https://i2.wp.com/www.ceritakorea.com/wp-content/uploads/2016/09/goblin-first-reading-2.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s