[DRAMA REVIEW] Doctors

https://i1.wp.com/asianwiki.com/images/7/7a/Doctors_%28Korean_Drama%29-p1.jpg

Drama: Doctors
Revised romanization: Dakteoseu
Hangul: 닥터스
Director: Oh Choong-Hwan
Writer: Ha Myung-Hee
Network: SBS
Episodes: 20
Release Date: June 20 – August 23, 2016
Runtime: Monday & Tuesday 22:00
Language: Korean
Country: South Korea

SINOPSIS

Seorang gadis bernama Yoo Hye Jung hidup dengan masa lalu yang kelam. Namun karena pandai, ia berhasil menjadi dokter yang hebat. Ia juga bertemu dengan Hong Ji Hong, gurunya ketika SMA. Di Rumah Sakit Gukil, kisah cinta dan hidupnya dimulai.

CAST

Doctors (Korean Drama)-Kim Rae-Won.jpg Doctors (Korean Drama)-Park Shin-Hye.jpg Doctors (Korean Drama)-Lee Sung-Kyung.jpg Doctors (Korean Drama)-Yoon Gyun-Sang.jpg Doctors (Korean Drama)-Ji Soo.jpg
Kim Rae-Won Park Shin-Hye Lee Sung-Kyung Yoon Gyun-Sang Ji Soo
Hong Ji-Hong Yoo Hye-Jung Jin Seo-Woo Jung Yoon-Do Kim Soo-Chul
Doctors (Korean Drama)-Kim Young-Ae.jpg Doctors (Korean Drama)-Jung Hae-Kyun.jpg Doctors (Korean Drama)-Lee Ga-Jin.jpg Doctors (Korean Drama)-Han Bo-Bae.jpg Doctors (Korean Drama)-Moon Ji-In.jpg
Kim Young-Ae Jung Hae-Kyun Park Ji-A Han Bo-Bae Moon Ji-In
Kang Mal-Soon Yoo Min-Ho Lee Ga-Jin Yoo Yoo-Na Chun Soon-Hee
Doctors (Korean Drama)-Lee Ho-Jae.jpg Doctors (Korean Drama)-You Da-In.jpg Doctors (Korean Drama)-Jeon Kuk-Hwan.jpg Doctors (Korean Drama)-Eom Hyo-Seop.jpg Doctors (Korean Drama)-Yoon Hae-Young.jpg
Lee Ho-Jae You Da-In Jeon Kuk-Hwan Eom Hyo-Seop Yoon Hae-Young
Hong Doo-Sik Jo In-Joo Jin Sung-Jong Jin Myung-Hoon Yoon Ji-Young
Doctors (Korean Drama)-Jang Hyun-Sung.jpg Doctors (Korean Drama)-Kim Gang-Hyun.jpg Doctors (Korean Drama)-Baek Sung-Hyun.jpg Doctors (Korean Drama)-Jo Hyun-Sik.jpg Kim Min-Suk
Jang Hyun-Sung Kim Gang-Hyun Baek Sung-Hyun Jo Hyun-Sik Kim Min-Suk
Kim Tae-Ho Kang Kyung-Joon Pi Young-Kook Ahn Joong-Dae Choi Kang-Soo
Jung Jin Doctors (Korean Drama)-Lee Sun-Ho.jpg Choi Sung-Jae Doctors (Korean Drama)-Pyo Ye-Jin.jpg Doctors (Korean Drama)-Ji E-Suu.jpg
Jung Jin Lee Sun-Ho Choi Sung-Jae Pyo Ye-Jin Ji E-Suu
Baek Ho-Min Jung Pa-Ran Hwangbo Tae-Yang Hyun Soo-Jin Yoo Byeol
Kal So-Won Doctors-Lee Ki-Woo.jpg Lee Joon-Hyuk Doctors-Lim Ji-Yeon.jpg
Kal So-Won Lee Ki-Woo Lee Joon-Hyuk Lim Ji-Yeon
Hye-Jung (young) gang boss (ep.1,3-6) gang boss subordinate (ep.1,3-5) Lee Soo-Jung (ep.7-8)

Additional Cast Members:

REVIEW

Haloooo~! Siapa yang belum nonton drama ini? Yup, Doctors sudah rampung cukup lama yaitu Agustus 2016 lalu. Yah, tapi-seperti biasa-waktu itu aku belum mood nonton. Jadi telat deh baru-baru ini, wkwkwk. Oke selamat membaca! ^^

Alkisah (cielah sok dongeng), hiduplah seorang gadis bernama Yoo Hye Jung. Keluarganya berantakan. Ibunya sudah meninggal dan ayahnya menikah lagi. Tentu saja ibu tiri Hye Jung kejam padanya karena Hye Jung berubah menjadi gadis yang nakal. Karena sifatnya yang sulit diatur, ayah Hye Jung menyerahkan putrinya pada Kang Mal Soon, sang nenek, dengan harapan Hye Jung akan menjadi gadis yang baik.

Hye Jung juga pintar bela diri, mungkin karena dia merasa harus menjaga dirinya dengan baik dalam latar belakang keluarga yang broken, dan ayahnya yang tidak memperlakukannya dengan baik.

https://i1.wp.com/66.media.tumblr.com/2ab26695b02fd3f2217b9417f51d0ae2/tumblr_o88mclUkzz1vnfz2qo1_500.jpg

Namun bukannya taubat, Hye Jung malah jadi semakin sesukanya sendiri. Ia kembali membuat onar karena sang nenek memanjakannya. Dari sinilah ia bertemu dengan Hong Ji Hong, homerun teacher-nya di sekolah. Mereka pertama bertemu di toko musik.

https://pbs.twimg.com/media/Cmao7DJUIAAbpmD.jpg

Bahkan Ji Hong yang seorang guru pun susah mendisiplinkan Hye Jung. Gadis itu lebih suka pergi dengan pemuda tidak jelas bernama Kim Soo Chul. Aduh ini Ji Soo ganteng banget pake motor gede tulung adek ga kuwat, oppa ;-;


(Photo by htv2channel.vn)

Kenakalan Hye Jung berhenti setelah neneknya meninggal. Ups, spoiler, ya? XD Sang nenek berharap Hye Jung menjadi seorang dokter agar dihormati banyak orang. Dan benar saja, Hye Jung belajar dengan giat sampai akhirnya menjadi dokter di Rumah Sakit Gukil.

Tapi yang namanya jodoh pasti nggak ke mana. Karena Ji Hong juga bekerja di rumah sakit itu setelah kembali dari Amerika. Pertemuan mereka bikin baper, asli. Lebih baperin dari drama sebelah (hayo drama apa coba tebak :v). Ji Hong ini tipe pria yang susah ditebak, dewasa, manis, romantis, tapi kadang kocak juga.

Oh ya, Hye Jung punya 2 temen waktu SMA. Jin Seo Woo, anak paling pandai di kelas sekaligus anak satu-satunya direktur RS Gukil, Jin Myung Hoon. Namun hubungan Hye Jung dan Seo Woo tidak baik setelah sebuah kecelakaan.

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/564x/6e/5f/08/6e5f083aaa1a25ddc74a99c9f8cc4b30.jpg

Yang kedua adalah Chun Soon Hee, anak kepala sekolah yang polosnya minta ampun. Dia ini semacam hiperaktif, selalu ceria, ah lucu banget pokoknya bikin gemes, wkwkwk. Hubungannya dengan Hye Jung alhamdulillah lancar sampe serumah 13 tahun lamanya.

 photo Doctors07-00027.jpg

Sialnya nasib, Hye Jung dan Seo Woo bertemu lagi sebagai sesama dokter RS Gukil. Selain kecelakaan di masa lalu, Hubungan Hye Jung-Seo Woo juga tidak baik karena Seo Woo menyukai Pak(?) Ji Hong, tapi ditolak. Sedangkan Ji Hong seakan lebih suka dengan Hye Jung yang baru pindah sekolah berapa hari lalu.

Setelah move on dari Ji Hong, Seo Woo menyukai dokter seniornya yang bernama Jung Yoon Do. Soon Hee bilang dia mirip Siberian Husky, agak ngakak tapi iya juga sih rambutnya. Matanya sipit pula. Aduh lucunyaaaaa >_<

Ah, tapi emang kasian si Seo Woo. Dia ditolak juga sama Yoon Do. Yaela mba, yang cantik, pinter, kaya aja ditolakin mulu u,u

 photo doctors16-00390.jpg
(Btw, ini pas jelek. Tonton dramanya deh, ganteng banget dia)

Di RS Gukil, perasaan Ji Hong kepada Hye Jung tidak berubah. Ia tetap mendekati Hye Jung dengan segala cara. Hye Jung sendiri menyukainya, namun ia terlalu sibuk menyangkal perasaannya sendiri. Dan, ternyata Yoon Do juga suka sama Hye Jung! Wow, charming sekali Yoo Hye Jung ini.

Di RS Gukil juga, segalanya dimulai. Kisah Ji Hong dan Hye Jung, Seo Woo dan Yoon Do yang patah hati, juga pemeran lainnya. Aku salut sama drama ini. Dibanding drama medis lain yang pernah aku tonton, Doctors menampilkan operasi yang lebih realistis.

Menceritakan tentang dokter yang bekerja sebagai neurosugery atau departemen yang menangani syaraf dan otak, kebanyakan operasi yang ditampilkan adalah operasi otak. Duh, aku sampe bergidik ngeri ngeliat otak dibuka-buka gitu. Yang operasi tumor lah, kanker, pendarahan, dsb. Semuanya kayak real. Jempol deh!

Nggak cuma kisah cinta, drama Korea biasanya nggak jauh-jauh dari perebutan posisi CEO, dan sebagainya. Sama sih, Doctors juga punya itu. Hong Doo Sik, ayah angkat Ji Hong, adalah CEO RS Gukil, yang posisinya ingin direbut oleh Jin Sung Jeong, kakek Seo Woo. Duh, Jin family ini emang punya tabiat buruk semua. Kakek sama ayah yang rakus, ibunya Seo Woo yang gila hormat dan harga diri, sampai Seo Woo yang tumbuh jadi gadis pendedam sebelum dia tobat juga. Kasian juga sih si Seo Woo ini. Hidupnya berat. Sabar ya unni u,u

Yang aku suka dari drama ini selain adegan operasi yang realistis, tentu saja kisah romansa Ji Hong dan Hye Jung. Ji Hong manis banget tolooong aku baper max! (Ceritanya) terpaut usia 9 tahun, tentu saja Ji Hong terlihat sangat dewasa dibanding Hye Jung. Tapi gimana pun mereka suka berantem, beda pendapat, sampe males ketemu satu sama lain, mereka nggak putus loh. Inikah yang dinamakan kisah cinta orang dewasa? Dih, sok filosofis lo.

Tapi kadang Ji Hong juga ngeri kata-katanya, seakan dia mau mati aja -_- kesel tau nggak. Soalnya ada beberapa scene yang bikin break down, lagi bahagia gitu tiba-tiba BRAAAKKK, kecelakaan gitu aja. Lagi ketawa-tawa, tiba-tiba apa. Lah ini Si Ji Hong bikin gemes. Berasa tegang tiap liat dia bahagia, siapa tahu abis ini mati (?). Duh, oppa sih. Ew.

Etapi mati beneran ga ya? Duh, spoiler nanti. Nonton sendiri deh, wkwkwk.

Sutradaranya bilang, rumah sakit adalah tempat di mana segala ekspresi tercipta. Ada sedih (tentunya), atau senang, ada haru, kecewa, dan sebagainya. Karena itu, 90% latar drama ini ada di rumah sakit. Tim bekerja sebaik mungkin hingga menjadikan drama ini luar biasa.

Ini yang bikin aku suka sama drama Korea. Semuanya totalitas. Coba lihat drama-drama sebelumnya, dari zaman Boys Before Flower, The King 2 Hearts, sampai Descendats of the Sun yang hits, semuanya totalitas. Mau perang, mau oprasi medis, sampe yang setan-setan atau fantasi macem Master’s Sun, yang saeguk macem The Moon that Embraces the Sun, kalo dibayangin biayanya pasti spektakuler.

Ini juga bedanya sama sinetron Indonesia yang konfliknya nggak jelas, ceritanya itu-itu mulu, rebut harta tahta wanita, ew. Oke drakor juga gitu, tapi setidaknya drakor punya cara yang nggak biasa buat menunjukkan bahwa acara ini layak tonton. Kadang aku berharap serial drama Indonesia bisa maju, misal genrenya nggak selalu slice of life tanpa konflik utama, juga jalan ceritanya nggak bikin ew dengan backsound menegangkan tapi kesannya menggelikan. Anw, aku nggak menunjuk pada satu sinetron tertentu, ya.

Duh, aku nggak jelek-jelekin sinetron dalam negri, ya. Aku hanya menyampaikan pendapat. Siapa tahu ada penulis naskah sinteron atau siapa yang baca dan berpikir untuk membuat serial drama Indonesia yang lebih bagus lagi. Ayo buat produk dalam negri yang berkualitas! ^^

Sutradara dari Doctors bilang, rumah sakit adalah tempat di mana segala ekspresi tercipta. Ada sedih (tentunya), atau senang, ada haru, kecewa, dan sebagainya. Karena itu, 90% latar drama ini ada di rumah sakit. Tim bekerja sebaik mungkin hingga menjadikan drama ini luar biasa.

Chemistry Kim Rae Won dan Park Shin Hye juga bagus, dapet. Meski nggak sedapet drama sebelah (hayo drama apa coba tebak lagi :v). Tapi mereka udah menampilkan yang terbaik. Shin Hye keliatan unyu banget deket Kim Rae Won, secara umur mereka juga beda jauh. Aku lebih suka mereka deh daripada pas Park Shin Hye sama Lee Min Ho di The Heirs :3 Kim Rae Won juga ahjussi ganteng tolong ini siapa yang jelek di drama ini ;-; (kecuali para kakek tentunya :v)

https://natsirjeremias.files.wordpress.com/2016/06/doctors-bts.jpg?w=440

Tapi di pertengahan episode, aku agak gimana gitu. Selain cerita perebutan posisi CEO ada di banyak drakor dan itu ngebosenin, ada beberapa karakter yang justru terasa useless. Ga usah aku sebutin kali, ya. Pokoknya mereka terkesan kayak menuh-menuhin cerita dengan peran yang kurang berguna. Yah walau pun di ending-nya berguna juga sih (?). Jadi semacam ‘oh, ini toh fungsinya ada si anu’, ‘oiya kalo ga ada si anu ga rame juga ya’. Hahaha, maap ya kalo aku too rude.

Doctors bercerita tentang orang-orang yang hidup berdampingan, membutuhkan satu sama lain, saling bergantung, dan belajar bersama untuk menjadi dewasa. Banyak amanat yang bisa didapat dari drama Doctors. Diantaranya, kita harus menghargai orang lain karena suatu saat nanti saat kita membutuhkan mereka, kita ‘punya muka’ buat minta bantuan. Kita juga harus belajar menerima kekalahan, kesalahan, dan membiarkan orang lain membantu kita ketika kita tidak sanggup. Dan satu quote yang paling aku suka dari drama ini:

Childern can’t forget their parents, but parents never forget their childern.”

Segalak apa emak bapak kita, pasti mereka sayang sama kita. Sedurhaka apa anak sama orang tuanya, pasti di dasar hati terdalam mereka juga sama sama emak bapaknya. Jadi, pastikan kalian selalu sayang orang tua dan anak kalian kelak, ya! ^^

Banyak orang yang bilang drama ini garing, bosenin, dan sebagainya. Tapi buat aku pribadi, Doctors punya karakter sendiri yang bikin pengen terus nonton. Ji Hong dan Hye Jung bikin senyum-senyum sendiri deh, kzl. Sampe aku nggak sadar pipi pegel gegara senyum-senyum terus. Aku juga belajar banyak istilah medis dari drama ini. Yah, berhubung aku masuk juruan Bahasa di SMA dan pasti apa pun itu yang berhubungan dengan IPA nggak bakal dipake, tapi nambah-nambah pengetahuan kan lumayan.

 photo doctors08-00313.jpg
(Salah satu operation scene, ini operasi di mana pasien tidak dibius alias tetap bangun. Aku lupa namanya operasi apa, browsing juga nggak nemu. Otak tidak bisa merasakan sakit, jadi operasi di otak ini sama sekali tidak menyakitkan bagi pasien.)

Jujur, aku emang seneng nonton drama medis. Dari Doctors, aku jadi tahu gimana susahnya jadi dokter. Harus ngapalin banyak istilah medis, operasi sehari bisa sampe 12 jam, belum lagi resiko operasi, keluarga pasien yang mungkin nggak terima dengan operasi yang gagal, dan lain sebagainya. Ah tapi keren juga dokter. Jadi pengen punya suami dokter :3

Eh.

Hmmm, oke mungkin segitu dulu yang bisa aku tulis untuk review kali ini. Dibalik beberapa kekurangan, Doctors lebih banyak kelebihannya kok. Meski ada beberapa konflik yang belum selesai, ending-nya nggak mengecewakan kok. Pemirsa seperti diajak untuk ‘membuat ending sendiri’, meski nggak gitu juga sih, wkwkwk.

Anyway, drama ini recommended banget buat kamu yang pengen jadi doker, atau buat kamu yang suka drama medis. Sumpah, Doctors beda dari drama medis lainnya. Nggak ngecewain deh, suer!

Aku kasih 4/5 bintang buat drama ini 🙂

Oh ya, ending-nya nanti, Seo Woo nggak jomblo lagi loh. Tebak hayo sama siapa? :3 Di sini juga ada Nam Goong Min, ada yang masih inget? Dia biasanya yang jadi karakter orang jahat, apalagi di Remember – War of the Son, di sini dia jadi ayah idaman loh!

Terimakasih ya buat yang sudah membaca, semoga nggak bosen baca review-ku, sampai bertemu di review selanjutnya. Jangan lupa tinggalkan jejak, ya! 😀

 photo doctors08-00248.jpg

 photo doctors08-00259.jpg

           CREDITS:

  • Asianwiki
  • photobucket
  • Google
  • Google images
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s